Kamis, 14 Maret 2013

Touring Malang - Bandung - Bondowoso ( The Real Atlantis Adventures )

perbatasan Jawa Tengah - Jawa Barat
Liburan semester 1 perkuliahan, tanggal 17 januari 2013. Untuk mengisi liburan yang panjang ini saya dan teman saya Deby Okta Tyapradana merencanakan hal yang gila, touring menuju jawa barat menggunakan motor. Merupakan first time bagi kami touring sejauh ini. motor yang kami gunakan dalam touring kali ini adalah Mio dan Satria Fu. Awalnya aku meragukan motorku "Mio" ini, dilihat dari kondisi fisiknya kurang memungkinkan untuk melakukan touring, karena ban sudah terlalu tipis. Tapi dengan bermodalkan nekad kami pun berangkat.

Jam 10.30 dari kontrakan di Malang kami bersiap-siap, mulai dari logistik, baju, botol bensin dll semua telah lengkap. Setelah mengisi bensin di Malang langsung saja kami tancap gas, rute yang kami gunakan kali ini adalah jalur pansel tetapi tidak melewati jalan pansel pada umumnya nganjuk/ngawi, melainkan melewati jalan yang menuju ke daerah pacitan. Awal perjalanan terasa sangat enjoy, pantat masih terasa fresh maklum masih baru berapa jam di atas motor, hehe.

Banyak hal yang menyenangkan dan tak terduga sepanjang perjalanan, melewati jalan pegunungan yang indah di daerah sekitar waduk apa lupa namanya, karangkates mungkin?? hehe. Sempat kami juga kehujanan  di daerah trenggalek, kami pun bingung karena tas yang membawa barang-barang seperti baju tidak terlapisi anti air, kami pun berteduh di sebuah warung. Berniat untuk membeli kresek merah besar sebagai pembungkus tas tapi nyatanya pemilik warung tak kunjung muncul. Di panggil berkali-kali pun tak ada respon, terpaksa kami melakukan rencana B mau tak mau harus melanjutkan perjalanan meskipun hujan, dan bagai mana caranya agar tas kami tidak basah, akhirnya kresek merah yang kebetulan berserakan di dalam warung kami ambil begitu saja. hehe, meskipun hal itu gak boleh dilakukan, karena mencuri barang orang tapi tak apalah kreseknya pun juga di biarkan berserakan begitu saja, kepepet juga. hehehe

Kami pun melanjutkan perjalanan, ketika melewati jalan yang mau ke Ponorogo jalanan pun berubah yang semula mulus kini berlubang dan setengah makadam, laju motor kami lambatkan. tetapi setelah memasuki daerah pacitan jalan menjadi mulus kembali, malahan sangking mulusnya kami serasa berada di jalanan luar negeri, di tambah pemandangan hutan yang asri, sungai dan tebing menghiasi pinggiran jalan. sangat indah sekali.

Pukul 17.30, kami tiba di Kota Pacitan. kota kecil di ujung selatan jawa timur ini sangatlah nyaman, tak salah kami memilih kota ini untuk rest sejenak, "tidak ramai" kata itulah yang pertama kali terucap dari mulut kami. ya benar, kota ini tidak begitu ramai seperti kota-kota pada umumnya di jawa timur, cocok untuk relaksasi deh..
setelah selesai istirahat dan santap malam di sekitar alun-alun pacitan, kami pun melanjutkan perjalanan. Di dalam peta jalur satu-satunya dari Pacitan yang menuju ke daerah Jateng-DIY adalah melewati Pracimantoro, sebuah kecamatan di kabupaten Wonogiri, Jateng. Jalur menuju kecamatan ini sangatlah menantang, tidak hanya jalannya yang sempit dan berlubang tapi juga keadaan yang sangat gelap, tak ada penerangan sepanjang jalan Pacitan - Pracimantoro, kalau ada, itu pun hanya lampu dari rumah penduduk.

Setelah melewati jalan yang gelap gulita itu, akhirnya kami sampai di daerah Yogyakarta, jalan langsung berbah mulus dan lebar di daerah Wonosari. Kami langsung tancap gas sekencang- kencangnya berharap bisa tepat waktu sampai di kota Yogya dan rest semalam di rumah kontrakan temen. Kami sangat berharap dia masih belum tidur, hehehe. jam 22.45 kami baru nyampe kota Yogya, dan untungnya teman kami belum tidur, fiuh... Alhamdulillah, kami bisa istirahat malem ini untuk mengumpulkan tenaga buat besok.

Jogjakarta
Keesokan harinya di Yogya tanggal 18 januari 2013, pagi sangat cerah. Hari ini kami tak langsung melanjutkan perjalanan. jalan-jalan di Yogya menjadi hal yang harus kami pilih, hehe. Kapan lagi di Yogya, kota budaya yang tersohor akan keunikan dan keraton-keratonnya itu. Mengelilingi kota Yogya di temani teman kami melewati kompleks pertokoan Malioboro, beringin kembar, dan keraton. Kami cukup puas meskipun hanya beberapa jam di Yogya. Setelah selesai melaksanakan sholat Jum'at kami pun melanjutkan perjalanan. Jalan By Pass Yogya-Wates menjadi awal hari kedua touring ini. Kondisi kurang fit menjadi hambatan kami, terutama saya. sudah sehari lalu sebenarnya tubuh ini tidak enak badan, tapi tetap saya paksakan karena deadline kami tanggal 19 harus sudah ada di Bandung.

Gombong, Cilacap. Berhenti disebuah Pom Bensin untuk mengisi tanki motor mioku. Deby memilih stay di luar Pom Bensin karena bensinnya masih penuh. Setelah full tank langsung aku gas motor ini menuju kota gombong. Setelah beberapa jam keluar dari kota Gombong tampak ada yang aneh, ternyata benar temanku Deby tertinggal jauh dibelakang. terpaksa aku menunggunya hampir lebih dari 15 menit, aku khawatir dia salah jalur. tapi untunglah dari kejauhan cahaya lampu yang familiar dari motor satria fu tampak, dari cara mengendarai motornya juga sangat khas, sehingga aku bisa menebak kalau itu teman saya, hahaha.

Lanjut deh, Cilacap-Majenang-Wanareja-Banjar. Ya, Banjar adalah kota di Jawa Barat pertama yang kami singgahi. Perut super keroncongan tak tertahankan, maklum dari Yogya hingga Jawa Barat kami belum makan. langsung saja nasi goreng sunda didekat alun-alun kami santap. tidak tanggung-tanggung sangking laparnya kami pesan 2 porsi. Aaaah, akhirnya kenyang, istirahatlah kami sejenak di emperan kantor bank yang sudah tutup.

Bandung masih berjarak 4 jam dari Banjar, banyak kejadian tak terduga dari perjalanan di wilayah Jawa Barat ini, mulai dari kena tilang di daerah Tasikmalaya, sampai kantuk yang tak tertahankan menyebabkan kami keluar jalur dan hampir celaka. tapi syukur Alhamdulillah jam 02.00 dini hari kami sampai di kota Bandung dengan selamat.
Trans Studio Bandung

Gedung Konferensi Asia Afrika

Hari selanjutnya kami keliling bandung, mulai dari Dago, Braga, Gunung Kamojang hingga Kawah Putih di daerah Ciwidey. kami kembali ke jawa timur tanggal 22 januari. Benar-benar liburan semester yang menyenangkan