Selasa, 01 Juli 2014

Indonesia Indah Tanpa Sampah

Indonesia dengan gugusan kepulauannya yang beribu-ribu menawarkan sejuta keindahan alamnya, tapi apakah kalian tahu selama ini kebanyakan warga indonesia masih kurang sadar akan kebersihan lingkungan? miris ngeliatnya tiap ane pergi ketempat wisata entah itu pantai, hutan, gunung, ada saja sampah yang berserakan apalagi di daerah ane gan, waktu itu ane pergi kedaerah pemandian air panas, tempatnya sangat asri dan sejuk gan, ditambah dengan sungai yang mengalir menuruni bukit, tetapi tiba-tiba ketika ane dan teman-teman ane lagi asyik menikmati indahnya alam, seorang warga dengan santainya membuang sampah langsung pada sungai tersebut -____-. sungguh ironi emang, apabila mereka bisa menjaga saja, agar tidak ada sampah plastik yang berserakan pasti tempat tersebut akan jauh lebih indah dan pengunjung pun akan merasa senang. tapi tetap, kembali kepada diri kita juga gan, gak hanya pengelola pariwisata saja yang harus bertanggung jawab atas sampah-sampah tersebut, kita sebagai warga masyarakat yang beradab juga harus sadar, apakah kita tega mengotori negara sendiri dengan berbagai macam sampah sampah. apakah kita tidak malu dengan negara lain yang giat-giatnya menjaga lingkungan mereka. sampai saat ini ane bingung gan bagaimana solusi agar setiap warga indonesia itu bisa menjaga lingkungannya, menurut yang ane baca di internet pemerintah sudah berusaha untuk membenahi di bidang kebersihan lingkungan, di deket kontrakan ane malah ada plang yang berisikan tentang larangan membuang sampah kesungai, dengan berbagai pasal-pasal dan sanksinya. tetapi kenyataannya ane lihat sungai di deket kontrakan ane masih saja kotor gan :'(. Ane sempat berfikir apakah pemerintah yang kurang tegas dalam pemberian sanksi, atau tak ada pengawasan yang intensif terhadap pelaku yang melakukan pelanggaran. Atau, emang masyarakatnya yang bandel, hahaha. 

Emang kalau bahas masalah sampah di indonesia ini emang gak ada habisnya gan, ane sebagai Mahasiswa Perikanan Universitas Brawijaya juga sering melihat berbagai persoaalan tentang sampah ini terutama didaerah pelabuhan perikanan, ane beri tau gan kalau pelabuhan perikanan di indonesia itu jauh sekali dari rasa  kenyamanan. Semua indentik dengan kotor, bau, dan semrawut jauh banget sama pelabuhan di  jepang hehe. Rata-rata disekitar pelabuhan perikanan masyarakat nelayan banyak sekali yang membuang sampah atau limbah lainnya ke laut, ane gak tega ngeliatnya gan, laut yang harusnya bisa menyediakan pangan dan penghasilan bagi mereka sekarang tercemar oleh berbagai macam limbah plastik, kimia dan tumpahan bahan bakar. Kalau tak ada penanganan serius maka akan mengganggu ekosistem yang ada di laut, matinya karang - karang akan sangat berdampak kepada kehidupan ikan dan biota lainnya.. Sayang sekali banyak karang di Indonesia yang rusak gan, padahal kalau saja kita bisa menjaganya, taman laut gak hanya ada di Bunaken ataupun Raja Ampat. Dan akibat dari permasalahan sampah itu semua, akan berdampak lagi pada kehidupan nelayan, yaitu menurunnya hasil tangkapan ikan. So, semua yang kita perbuat akan ada balasannya kan gan, Tuhan itu adil bukan? 


Di Indonesia

Di Jepang



Indonesia Harus Mencontoh Jepang dan Singapura

Di jepang membuang sampah bukan pada tempatnya merupakan tindakan tidak terpuji gan, tiap orang disana sadar apabila ada orang yang membuang sampah sembarangan maka akan ditegur dan dikucilkan, bahkan kalau di Singapura bisa dilaporkan ke polisi setempat dan dikenakan denda sekitar 9 jt rupiah. tapi apakah bisa diterapkan di indonesia? Bisa gan, meski rada susah tapi dengan peraturan yang tegas dan sosialisasi yang intensif ane rasa bisa lah gan, dan menurut ane kegiatan peduli lingkungan ini harus di tanamkan sejak dini di berbagai instansi pendidikan mulai dari tingkat Paud sampai perguruan tinggi hehe. Dan setelah ane telusuri mungkin problem dari semua ini tak hanya dari faktor pendidikan saja gan, kurangnya ketersediaan lahan untuk pembuangan limbah serta minimnya tong sampah yang ada di lingkungan mereka,  nah dari problema ini peran pemerintah dibutuhkan untuk memberikan fasilitas bagi masyarakat. tak hanya itu pemerintah juga mampu untuk memberikan sosialisasi dari segi pengelolaan limbah. 


Masyarakat Indonesia Harus Sadar

Lagi-lagi yang harus ditekankan adalah harus sadar! bagun! woy bangun! sampahmu sudah setinggi Gunung Semeru!!. Hal yang paling simpel adalah menegur temanmu ketika dia membuang sampah sembarangan, dan memberikan kepada mereka contoh yang baik, apabila kamu ingin membuang bungkus makanan tetapi tidak ada tempat sampah disekitarmu, simpanlah dulu sampah itu di saku atapun di dalam Tas. Apa salahnya menyimpan sampah gan, toh juga gak selamanya agan simpan kan hehe. Ane sudah menerapkannya dalam kehidupan ane, ane harap teman-teman bisa mengikuti ane meski kadang ane dianggap aneh menyimpan sampah dalam tas tapi ini demi Indonesia gan, ini tempat tinggal ane, sampah hanya akan menutupi keindahan rumah ane. bayangkan aja rumah kalian penuh dengan sampah apakah kalian nyaman untuk tidur, belum lagi penyakit yang dihasilkan dari sampah-sampah tersebut. Sama dengan Negeri ini yang merupakan tempat tinggal kita semua, sampah hanya dapat menimbulkan masalah saja. Intinya kembali kepada diri masing-masing untuk saling menjaga lingkungan ini tetap bersih. Toh semua sampah bisa kok untuk di diubah menjadi barang yang lebih menguntungkan apabila dikelola dengan baik. So, apa susahnya kita membuang sampah pada tempatnya yang nantinya akan mempermudah kita dalam mengelolanya.


Masa kalah sama anak kecil Gan?


:'(






7 komentar :

  1. terima kasih telah berbagi info.....
    sangat menarik dan bermamfat.....
    mantap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kembali sudah mampir dan membaca gan hehe

      Hapus
    2. terimakasih kembali sudah mampir dan membaca gan hehe

      Hapus
  2. Hallooo, Kak Okta! Ada info jalan-jalan gratis nih.

    Kesempatan untuk ikut ekspedisi Kalimantan bersama New Daihatsu Terios #Terios7Wonders.

    Dimulai dari Palangkaraya, Kruing, Pulau Kaget & Kandangan, Amuntai & Balikpapan, Samarinda, Tn. Kutai dan berakhir dengan melihat cantiknya pulau Surga, Maratua.

    Caranya, ikutan lomba blog "Borneo Wild Adventure"
    Untuk info lebih lengkapnya, http://bit.ly/terios7wonders2015

    Ada Grand Prize MacBook Pro juga, lho!

    Ayo ikutan, Kak Okta! Jangan sampai ketinggalan, ya!

    BalasHapus
  3. makasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi blog aku juga.
    QUEENXXX92

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama, terimaksih juga sudah membaca

      Hapus
    2. sama sama, terimaksih juga sudah membaca

      Hapus

FOLLOW INSTAGRAM

Instagram

About me

Foto Saya
Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia
Hanya seorang insan yang gemar bertualang, dan ingin berbagi cerita tentang pengalaman indahnya menjelajahi pelosok negeri ini

Entri Populer